Pencarian Dokumen Skripsi menggunakan BM25 dan Faceted Search berdasarkan Kata Kunci Abstrak (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Mohammad Fahmi Ilmi Putra Pandu Adikara Indriati Indriati

Abstrak

Tugas akhir merupakan persyaratan kelulusan bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studi yang ditempuh. Namun seiring dengan banyaknya penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa, banyak sekali pihak univeritas yang kurang siap untuk menyediakan wadah yang bisa memudahkan mahasiswanya mengakses file tugas akhir yang dibutuhkan, salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Untuk mengatasi masalah ini, maka peneliti mengembangkan sebuah program yang berfokus pada pencarian dokumen tugas akhir dengan bantuan Information Retrieval. Information Retrieval dapat membantu memilah data tugas akhir mana saja yang sesuai dan akan mengelompokkan menjadi kelompok data yang akan diberikan kepada pencari. Sebagai penyempurnaan, program ini juga diberikan sebuah fitur tambahan berupa pengelompokan kategori yang dilakukan dengan menggunakan Faceted Search berdasarkan kata kunci tiap dokumen. Dalam penelitan ini digunakan metode BM25 untuk membuktikan apakah metode tersebut dapat menghasilkan akurasi yang baik dalam proses pencarian data skripsi mahasiswa. Hasil pengujian yang dilakukan pada 25 kueri menghasilkan nilai rata-rata terbesar pada nilai k=5, dengan nilai sebesar 0,928. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pencarian dokumen yang paling relevan terkumpul pada 5 dokumen teratas.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ilmi, M., Adikara, P., & Indriati, I. Pencarian Dokumen Skripsi menggunakan BM25 dan Faceted Search berdasarkan Kata Kunci Abstrak (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4175-4180, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11531>. Tanggal Akses: 29 sep. 2022
Bagian
Artikel