Analisis Sentimen Objek Wisata Danau Toba berdasarkan Ulasan Pengunjung menggunakan Algoritma Support Vector Machine

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Immanuel Tri Putra Sihaloho Dian Eka Ratnawati Bayu Rahayudi

Abstrak

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia dan ditetapkan sebagai salah satu dari lima pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang menjadi program super prioritas pemerintah dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Oleh karena itu pengelola wisata Danau Toba perlu mengetahui perspektif pengunjung sebagai bahan evaluasi. Akuisisi data ulasan pengunjung objek wisata Danau Toba dapat dengan mudah diperoleh melalui situs Tripadvisor dengan teknik web scraping. Ulasan dari Tripadvisor akan dikategorikan ke dalam tiga kelas, yaitu positif, netral, dan negatif. Sebelum melakukan klasifikasi melakukan text preprocessing untuk mengolah data menjadi data yang lebih terstruktur untuk kebutuhan pada penelitian dan melakukan pembobotan kata menggunakan metode Term Frequency – Inverse Document. Kemudian dilakukan klasifikasi dengan menggunakan algoritma Support vector Machine. Hasil terbaik pada pengujian menggunakan algoritma Support vector Machine yaitu pengujian pada 2 kelas sentimen dengan total 220 data, dengan penggunaan kernel linear dan nilai C sebesar 100. Nilai accuracy, precision, recall, dan f-measure pada model machine learning ini secara berturut-turut adalah 83%, 84%, 83%, dan 83%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sihaloho, I., Ratnawati, D., & Rahayudi, B. Analisis Sentimen Objek Wisata Danau Toba berdasarkan Ulasan Pengunjung menggunakan Algoritma Support Vector Machine. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4204-4209, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11536>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel