Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (Studi Kasus: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Lailatussaadah Lailatussaadah Aditya Rachmadi Muhammad Aminul Akbar

Abstrak

Laboratorium merupakan tempat untuk menunjang sarana pendidikan, penelitian dan pengembangan. Pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan memiliki 3 jurusan yaitu Manajemen Sumber Daya Perikanan, Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan dan Kelautan, dan Sosial Ekonomi Perikanan dimana pada tiap jurusan tersebut terdiri dari beberapa laboratorium. Dalam pengelolaan laboratorium seperti inventaris alat dan bahan, penjadwalan, peminjaman serta monitoring masih dilakukan secara manual dalam dokumen excel serta formulir peminjaman. Sehingga terdapat beberapa kendala seperti kurangnya informasi spesifikasi dan kondisi alat dan bahan, tidak sinkronnya data yang dimiliki laboran dengan kepala laboratorium, laboran harus mencari satu persatu dari seluruh formulir peminjaman saat mahasiswa melakukan bebas laboratorium dan pengembalian alat. Berdasarkan hal tersebut, agar pengelolaan laboratorium dapat berjalan dengan baik, diperlukan sistem informasi manajemen laboratorium yang dapat memecahkan masalah inventarisasi, penjadwalan, peminjaman, pengarsipan serta monitoring kegiatan laboratorium. Proses analisis dan perancangan sistem informasi manajemen laboratorium ini dilakukan dengan metode Ripple serta menggunakan metode Problem Pyramid pada fase analisis. Hasil analisis kebutuhan digambarkan dengan activity diagram, user interface sketch serta use case diagram. Sedangkan hasil dari perancangan digambarkan dengan class diagram, communication diagrams, sequence diagrams serta database schema. Hasil pengujian analisis dan perancangan menggunakan consistency analysis dengan hasil Requirement Consistency Index adalah 100% yang menunjukkan seluruh elemen kebutuhan telah terdefinisi secara konsisten serta pengujian traceability matrix menunjukkan keterlacakannya pada setiap kebutuhan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Lailatussaadah, L., Rachmadi, A., & Akbar, M. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (Studi Kasus: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4219-4228, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11538>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel