Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna pada E-learning SMKN 12 Malang menggunakan Metode Goal Directed Design (GDD)
Kata Kunci:
Antarmuka, E-learning, SMKN 12 Malang, Usability Testing, Pedagogical Usability, User Experience, Goal-Directed Design, Technique for User Experience Evaluation in E-learningAbstrak
Kegiatan belajar mengajar di sekolah mulai mengalami perubahan dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi, sehingga terjadi perubahan dan pergeseran paradigma pendidikan. Akibat pandemi COVID-19, membuat sistem pendidikan menyesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh salah satunya e-learning. Pada penelitian ini melibatkan 3 orang untuk diwawancara dan 30 responden dalam pengisian kuesioner. Data awal yang diperolah dari kegiatan riset menunjukkan bahwa pengguna e-learning mengalami kesulitan, yaitu tampilan masih tampilan standart (polos) dan kurangnya fitur yang menunjang. Tampilan visual pada sebuah e-learning merupakan suatu aspek yang sangat berpengaruh untuk mempermudah memahami materi pembelajaran, mengkomunikasikan konsep kunci dan menarik perhatian pengguna atau peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mempunyai tujuan untuk merancangan ulang e-learning SMKN 12 Malang dengan menggunakan metode GDD (Goal-Directed Design) yang berfokus pada tujuan dan perilaku pengguna dalam menggunakan e-learning. Metode GDD memiliki 6 tahapan, yaitu research, modeling, requirements definition, framework definition, refinement dan support. Untuk mengevaluasi usability, pedagogical usability dan user experience metode yang digunakan adalah Technique for User Experience Evaluation in E-learning (TUXEL). Berdasarkan pengujian menggunakan metode TUXEL, perancangan ulang pada penelitian ini mengalami peningkatan.