Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Sekolah.mu berbasis Mobile dengan menggunakan Metode Design Thinking

Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Sekolah.mu berbasis Mobile dengan menggunakan Metode Design Thinking

Penulis

  • Muhamad Syaukani Audady Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

User Experience, Evaluasi Desain, User Experience Questionnaire, Blended Learning

Abstrak

Aplikasi Sekolah.mu adalah platform blended learning pertama di Indonesia. Aplikasi Sekolah.mu menghubungkan institusi pendidikan dengan siswa atau orang tua. Desain produk ini memerlukan evaluasi lebih lanjut dari pengalaman pengguna untuk mengetahui keresahan atau kesulitan yang dirasakan pengguna dengan juga menggunakan UEQ untuk mengukur tingkat Kejelasan, Efisiensi, Stimulasi, Daya Tarik, Ketepatan, serta Kebaruan responden. Saat mengevaluasi desain yang lama, hasil secara menyeluruh mendapatkan skor Good dengan detil setiap poinnya mendapat skor Good untuk Kebaruan, Stimulasi, Efisiensi, Daya Tarik, dan Ketepatan, sedangkan Kejelasan dengan skor Average. Setelah mengevaluasi desain lama, didapatkan juga beberapa masalah. Terakhir, desain solusi perbaikan dilakukan evaluasi dan secara keseluruhan mendapat skor Excellent dengan detil poin Ketepatan, Stimulasi, Daya Tarik, Kebaruan, dan Efisiensi yang mendapat skor Excellent serta poin Kejelasan mendapat skor Good.

Unduhan

Diterbitkan

12 Sep 2022

Cara Mengutip

Audady, M. S., & Tolle, H. (2022). Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Sekolah.mu berbasis Mobile dengan menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(9), 4279–4285. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11556

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...