Perancangan User Experience Sistem Informasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan berbasis Website menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus: SMKN 2 Kota Serang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Richard Hans Octavian Eriq Muhammad Adams Jonemaro Muhammad Aminul Akbar

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi mengalami perubahan setiap tahunnya, salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup signifikan adalah bidang pendidikan. SMKN 2 Kota Serang adalah salah satu SMK negeri yang berada di Kota Serang, Banten. Siswa SMKN 2 Kota Serang wajib melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk memenuhi syarat kurikulum, agar siswa mendapatkan pengalaman sebagai bekal di dunia pekerjaan nantinya. Permasalahan yang terjadi saat ini pelaksanaan PKL masih dilakukan secara manual hal tersebut membuat pelaksanaan PKL kurang efektif dan efisien. Untuk mengatasi permasalahan yang dialami, dibutuhkan suatu pengembangan sistem informasi berbasis web untuk menjadi solusi dalam memecahkan masalah tersebut. Dalam membangun sebuah sistem informasi ber basis website terdapat suatu komponen yang dinamakan dengan User Experience. Salah satu metode dalam merancang dan mengembangkan User experience adalah dengan menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD). Sistem ini nantinya dibuat dengan memiliki beberapa fitur utama berupa halaman ruang diskusi, pendaftaran PKL, logbook presensi harian, serta pelaporan PKL. Untuk mendapatkan User Experience yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna diperlakukan pengujian terhadap sistem, metode yang digunakan untuk mengevaluasi User Experience dari sebuah sistem salah satunya menggunakan Usability Testing. Berdasarkan hasil dari pengujian terhadap fitur yang terdapat pada sistem didapatkan hasil pengujian terhadap 3 aspek pengujian yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Octavian, R., Jonemaro, E., & Akbar, M. Perancangan User Experience Sistem Informasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan berbasis Website menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus: SMKN 2 Kota Serang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4286-4295, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11560>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel