Pengembangan Sistem Pengelolaan Surat berbasis Web memanfaatkan Teknologi Integrasi Protokol IMAP Gmail (Studi kasus: CV. Putra Bahari)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Dio Hilmi Habibi Diah Priharsari Nanang Yudi Setiawan

Abstrak

Surat merupakan media komunikasi yang tertulis berasal dari suatu pihak dan ditujukan ke pihak yang lain serta digunakan untuk menyampaikan informasi. CV. Putra Bahari merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan barang, jasa dan jasa konstruksi. Pengelolaan surat menyurat yang dilakukan CV. Putra Bahari saat ini menggunakan cara konvensional ataupun belum terkomputerisasi secara penuh, surat yang diterima dan dikirimkan memiliki jenis, jumlah yang banyak dan asal yang berbeda diantaranya dari gmail maupun dari surat fisik yang langsung dikirimkan ke kantor CV. Putra Bahari. Dengan begitu penggunaan pengelolaan surat menyurat dengan cara konvensional memiliki banyak resiko seperti hilangnya data surat, memakan banyak tempat serta proses pengelolaan surat-menyurat seperti pendistribusian dan pembuatan surat. Dalam pengarsipan surat terdapat surat masuk dan surat keluar, dimana terdapat surat yang berupa dokumen fisik dan softfile. Dengan permasalahan diatas maka perlu pengembangan sistem pengelolaan surat berbasis web untuk membantu pengelolaan surat menyurat dengan integrasi protokol IMAP Gmail. Menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall karena memiliki rangkaian berurutan dan alur kerja jelas. Dimana dalam tahap pengembangan menggunakan metode waterfall dan peracangan menggunakan Unified Model Language (UML) yang terdiri use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Dalam implementasinya digunakan framework Laravel yang memiliki kelebihan membuat sebuah fungsi kode program yang lebih baik, memiliki dokumentasi yang baik pada halaman resminya dan menyediakan keamanan terhadap serangan dasar keamanan web, sedangkan pada tahap pengujian menggunakan balck box testing.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Habibi, D., Priharsari, D., & Setiawan, N. Pengembangan Sistem Pengelolaan Surat berbasis Web memanfaatkan Teknologi Integrasi Protokol IMAP Gmail (Studi kasus: CV. Putra Bahari). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4339-4345, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11568>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel