Perancangan Perbaikan Bisnis Proses Menggunakan Metode Business Process Improvement Pada Layanan Penerbitan Majalah (Studi Pada PT. East Java Liberty Coy)
Kata Kunci:
Business Process Improvement, BPI, Proses Bisnis, streamlining, evaluasi proses bisnis, simulasi proses bisnisAbstrak
PT.East Java Liberty Coy adalah salah satu anak perusahaan dari Jawa Pos Group yang bergerak dalam bidang media cetak. Dalam menjalankan proses bisnis tersebut terdapat beberapa permasalahan yang berpotensi untuk menggangu jalannya aktifitas bisnis. Proses yang tidak optimal pada PT.East Java Liberty Coy antara lain penyimpanan data tidak terintegrasi atau terpisah-pisah yang dapat menyebabkan duplikasi data, kehilangan data akibat human error. Sehingga perlu untuk menganalisis proses bisnis yang telah diterapkan, kemudian dilakukan evaluasi untuk menentukan proses bisnis yang berpotensi untuk mengganggu jalannya aktifitas organisasi agar dapat memberikan saran berupa rekomendasi perbaikan proses bisnis. Penelitian ini menggunakan notasi Business Process and Notation (BPMN) dan Business Process Improvement (BPI) sebagai metode evaluasi. Metode Business Process Improvement yang diterapkan pada penelitian ini dari fase 1: organizing improvement, fase 2: understanding the process dan fase 3: streamlining. Dari hasil simulasi Proses bisnis saat ini dan proses bisnis rekomendasi tersebut ditemukan bahwa pada level time analysis proses bisnis perpanjangan kontrak iklan rekomendasi diperoleh efektifitas waktu hingga 82,46%. Sehingga dapat disimpulkan perbaikan proses bisnis dapat memperbaiki kinerja agar lebih efisien dan efektif, maka dari itu rekomendasi proses bisnis ini penting untuk diterapkan pada PT. East Java Liberty Coy.