Evaluasi Pengalaman Pengguna E-Learning SMAN 90 Jakarta menggunakan Technique for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Daffa Arga Satrio Hadi Wijoyo Hanifah Muslimah Az-Zahra

Abstrak

Learning Management System (LMS) atau Sistem Manajemen Pembelajaran adalah sistem informasi yang dikembangkan untuk mendukung proses pembelajaran mencakup distribusi materi dan kolaborasi antar peserta didik dengan tenaga pendidik. Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan siswa SMAN 90 Jakarta, ditemukan permasalahan pada LMS yaitu beberapa fitur yang tidak dapat digunakan dan belum pernah dilakukan evaluasi terhadap LMS. Tujuan penelitian ini menemukan permasalahan pengalaman pengguna dan usability pada LMS dengan menggunakan TUXEL. Pengambilan data menggunakan tiga kuesioner yaitu general usability inspection, pedagogic usability inspection, dan evaluasi UX yang diberikan kepada 10 responden dengan teknik purposive sampling mengutamakan kriteria siswa yang berada pada kelas 11 atau tahun kedua bersekolah. Hasil analisis pengalaman pengguna didapat rata-rata nilai semua skala memiliki persepsi positif memenuhi syarat nilai > 0.8. Kemudian, dilakukan kajian permasalahan per item setelah dilakukan pengurutan item permasalahan berdasarkan frekuensi responden. Terdapat total 27 item permasalahan yang diurutkan. Hasil kajian menyatakan bahwa terdapat 8 item permasalahan yang ditemukan karena LMS berbasis moodle tidak menyediakan fitur tersebut, 6 item permasalahan yang ditemukan karena LMS yang tidak menggunakan fitur terkait, dan 13 item permasalahan yang ditemukan karena pengguna kurang mengetahui fitur yang disediakan pada LMS.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Arga, M., Wijoyo, S., & Az-Zahra, H. Evaluasi Pengalaman Pengguna E-Learning SMAN 90 Jakarta menggunakan Technique for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4353-4362, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11573>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel