Analisis Perbaikan Proses Bisnis menggunakan Quality Evaluation Factor (QEF) dan Root Cause Analysis (RCA) pada Baraya Cargo

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Rasyad Fauzan Nanang Yudi Setiawan Aditya Rachmadi

Abstrak

Baraya Cargo perusahaan pengiriman yang melakukan kegiatan pengiriman melalui serangkaian aktivitas proses bisnis dimulai dari perjanjian kontrak, persiapan pengiriman, pengiriman, dan diakhiri dengan penerbitan invoice. Proses bisnis yang berjalaan saat ini masih mengalami kendala dari keterlambatan waktu dan terjadinya kekurangan dokumen sehingga mengganggu performa dari Baraya Cargo. Karena itu dilakukanlah kegiatan perbaikan dimulai dari kegiatan memodelkan proses bisnis utama dalam bentuk Business Process Model and Notation (BPMN) di dalam aplikasi Bizagi. Model proses bisnis lalu di evaluasi menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF). Ditemukan bahwa terdapat 3 buah proses bisnis utama yang bermasalah dimana terdapat nilai metriks yang tidak sesuai dan dapat diberikan rekomendasi. Setelah itu dilakukan analisis menggunakan Root Cause Analysis (RCA) untuk mencari akar permasalahan metriks yang tidak sesuai. Rekomendasi lalu diberikan menggunakan tools streamlining dari Business Process Improvement (BPI). Terakhir dilakukan simulasi melalui aplikasi Bizagi untuk mengetahui peningkatan performa waktu antara proses bisnis (as-is) dengan proses bisnis (to-be). Hasil simulasi menunjukan bahwa proses bisnis perjanjian kontrak mengalami peningkatan performa sebesar 75.5%, proses bisnis pengiriman sebesar 1.6% dan proses bisnis penerbitan invoice sebesar 76.5%. Dapat dilihat bahwa penerapan proses bisnis rekomendasi menunjukkan peningkatan performa yang cukup signifikan saat diterapkan pada Baraya Cargo.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fauzan, M., Setiawan, N., & Rachmadi, A. Analisis Perbaikan Proses Bisnis menggunakan Quality Evaluation Factor (QEF) dan Root Cause Analysis (RCA) pada Baraya Cargo. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4363-4368, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11574>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel