Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan dan Pendataan UMKM Provinsi Riau (Studi Kasus: Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Riau)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhamad Guntur Dermawan Amin Adam Hendra Brata Faizatul Amalia

Abstrak

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Riau merupakan instansi pemerintah yang menyelenggarakan program terkait bidang perindustrian, perdagangan, koperasi, usaha kecil dan menengah yang berada di lingkungan Provinsi Riau. DISPERINDAGKOP UKM Provinsi Riau memiliki UPT PLUT KUMKM yang bertugas untuk melakukan pendataan dan pelayanan kepada pelaku UMKM Provinsi Riau yang masih dilakukan secara manual. Maka dikembangkanlah sebuah sistem informasi pelayanan dan pendataan menggunakan metode waterfall model. Sistem dapat digunakan oleh masyarakat, pelaku UMKM, dan pemerintah daerah, memiliki fitur utama untuk pengelolaan produk, pelayanan, dan verifikasi data pelaku UMKM yang menerapkan optical character recognition untuk melakukan ekstraksi data KTP. Sistem ini memiliki 25 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional. Sistem ini dikembangkan dengan framework Laravel 8 dan Bootstrap 4. Sistem ini diuji menggunakan pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian compatibility, dan pengujian validasi. Berdasarkan hasil pengujian mendapatkan nilai cyclomatic complexity yang rendah dan hasil valid untuk 67 kasus uji pada pengujian validasi pada sistem yang sudah diimplementasi maka dinyatakan sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan hasil analisis kebutuhan dan perancangan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Amin, M., Brata, A., & Amalia, F. Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan dan Pendataan UMKM Provinsi Riau (Studi Kasus: Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Riau). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4369-4377, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11581>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel