Pemodelan dan Evaluasi Proses Bisnis menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus : Bidang Jaringan TIK dan Aplikasi KOMINFO Batu)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Agung Sudarmawan Diah Priharsari

Abstrak

Dinas Kominfo Kota Batu adalah dinas yang baru berdiri pada tahun 2017. Saat ini dinas Kominfo memiliki 4 bidang yang salah satunya adalah bidang Jaringan Infrastruktur TIK dan Aplikasi. Di usia yang masih baru berdiri dinas Kominfo masih harus melakukan banyak perbaikan. Salah satunya dalam segi proses bisnis. Untuk melakukan perbaikan, harus dilakukan evaluasi terlebih dahulu untuk mengetahui letak kekurangan yang dimiliki. Untuk melakukan evaluasi, metode yang akan digunakan penulis adalah metode Quality Evaluation Framework (QEF) dan 5 Whys Analisis. QEF merupakan metode yang cocok untuk melakukan evaluasi pada penelitian ini. Sedangkan 5 Whys Analisis adalah metode yang diperkenalakan dan digunakan oleh toyota corporation untuk melakukan analisis mendalam kepada sistem yang mereka miliki. Terdapat 8 proses bisnis yang dievaluasi pada penelitian kali ini. Dari 8 proses bisnis yang di evaluasi, terdapat 12 quality factor yang dituliskan dalam Q1 sampai Q12. Dari ke 12 quality factor yang diujikan terdapat 2 quality factor yang memiliki nilai yang tidak sesuai dengan target.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sudarmawan, A., & Priharsari, D. Pemodelan dan Evaluasi Proses Bisnis menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Kasus : Bidang Jaringan TIK dan Aplikasi KOMINFO Batu). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4386-4394, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11585>. Tanggal Akses: 29 sep. 2022
Bagian
Artikel