Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran & Pengembangan Minat pada Esport menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Gamers Casual-Competitive FILKOM UB)

Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran & Pengembangan Minat pada Esport menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Gamers Casual-Competitive FILKOM UB)

Penulis

  • Wahyu Rafi' Adi Wicaksono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Riswan Septriayadi Sianturi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

esport, human centered design, System Usability Scale, gamer, user experience

Abstrak

Esport menjadi salah satu industri yang berkembang di era digitalisasi. Di Indonesia, esport menjadi salah satu jenis olahraga yang diminati oleh para gamers. Terstrukturnya ekosistem esport menjadi potensi dan peluang untuk melahirkan pemain professional di bidangnya, oleh sebab itu dibutuhkan adanya media pembelajaran yang membekali para gamer yang ingin menjadi pemain professional ataupun atlet esport. Penelitian ini menghasilkan perancangan user experience aplikasi pembelajaran & pengembangan minat pada esport di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan tipologi Gamers Casual-Competitive. Metode perancangan yang digunakan adalah Human Centered Design serta dilakukan pengujian usability menggunakan task scenario dan kuesioner System Usability Scale. Hasil pengujian dari perancangan aplikasi didapatkan nilai efektivitas sebesar 95% pada tampilan mentor dan 89% pada tampilan gamer. Nilai efisiensi sebesar 0.151 goals/detik untuk tampilan mentor dan 0.205 goals/detik untuk tampilan gamer. Nilai kepuasan pada tampilan mentor sebesar 88 yang termasuk kategori “Excellent†pada Adjective Rating untuk nilai kepuasan pada tampilan gamer sebesar 78 dan termasuk dalam kategori “Good†pada Adjective Rating.

Unduhan

Diterbitkan

16 Sep 2022

Cara Mengutip

Wicaksono, W. R. A., Sianturi, R. S., & Kharisma, A. P. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran & Pengembangan Minat pada Esport menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Gamers Casual-Competitive FILKOM UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(9), 4424–4433. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11593

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...