Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran & Pengembangan Minat pada Esport menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Gamers Casual-Competitive FILKOM UB)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Wahyu Rafi' Adi Wicaksono Riswan Septriayadi Sianturi Agi Putra Kharisma

Abstrak

Esport menjadi salah satu industri yang berkembang di era digitalisasi. Di Indonesia, esport menjadi salah satu jenis olahraga yang diminati oleh para gamers. Terstrukturnya ekosistem esport menjadi potensi dan peluang untuk melahirkan pemain professional di bidangnya, oleh sebab itu dibutuhkan adanya media pembelajaran yang membekali para gamer yang ingin menjadi pemain professional ataupun atlet esport. Penelitian ini menghasilkan perancangan user experience aplikasi pembelajaran & pengembangan minat pada esport di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan tipologi Gamers Casual-Competitive. Metode perancangan yang digunakan adalah Human Centered Design serta dilakukan pengujian usability menggunakan task scenario dan kuesioner System Usability Scale. Hasil pengujian dari perancangan aplikasi didapatkan nilai efektivitas sebesar 95% pada tampilan mentor dan 89% pada tampilan gamer. Nilai efisiensi sebesar 0.151 goals/detik untuk tampilan mentor dan 0.205 goals/detik untuk tampilan gamer. Nilai kepuasan pada tampilan mentor sebesar 88 yang termasuk kategori “Excellent” pada Adjective Rating untuk nilai kepuasan pada tampilan gamer sebesar 78 dan termasuk dalam kategori “Good” pada Adjective Rating.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Wicaksono, W., Sianturi, R., & Kharisma, A. Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran & Pengembangan Minat pada Esport menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Gamers Casual-Competitive FILKOM UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4424-4433, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11593>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel