Pengembangan Game Quiz dengan Kontrol Suara Menggunakan Framework DPE sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris
Kata Kunci:
Speech recognition, DPE Framework, Game Experience Questionnaire, Gim edukasiAbstrak
Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang digunakan oleh banyak negara sebagai bahasa kedua setalah bahasa ibu. Berdasarkan observasi pada beberapa siswa kelas satu dan kelas dua Sekolah Dasar Negeri di Magetan dalam pembelajaran Bahasa Inggris terdapat permasalahan mengenai motivasi dan kesulitan dalam belajar kosakata. Media pembelajaran interaktif melalui sebuah gim edukasi untuk menjawab permasalah tersebut. Gim edukasi adalah gim yang menerapkan aspek pembelajaran yang disampaikan ke pemain dengan tetap mempertahankan aspek game is fun. Gim edukasi memiliki tujuan untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar anak terhadap materi pelajaran. Speech Recognition adalah suatu pengembangan teknik yang memungkinkan sebuah sistem untuk menerima sebuah input berupa kata yang diucapkan. Metode ini dimanfaatkan dalam penerapan kontrol suara dalam gim edukasi seperti game quiz dalam menjawab pertanyaan. Untuk merancang gim edukasi yang bermanfaat dan menyenangkan, perancangan gim menerapkan Design, Play, Experience Framework. Performa experience diukur melalui pengujian menggunakan Play Testing dan Game Experience Questionnaire (GEQ). Hasil pengujian dari 35 responden menunjukkan bahwa gim menyenangkan dan bermanfaat dengan pengalaman negatif, kelelahan, dan disorientasi rendah. Secara keseluruhan dengan nilai 4,31 dari 5, pemain menganggap gim menyenangkan. Performa metodologi, apakah gim dapat membantu meningkatkan pembelajaran diukur melalui pengujian post-test only design. Hasil pengujian menunjukan kenaikan keberhasilan sebesar 5%.