Evaluasi Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Pada Piknik Nusantara Menggunakan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
piknik nusantara, design thinking, system usability scale, pengujian usability, user experience, berfidelitas tinggi prototyping.Abstrak
Piknik Nusantara adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyelenggara Event Organizer. Piknik Nusantara menginginkan adanya sebuah platform berbasis website untuk memabntu dalam melakukan pengelolaan pendataan stock perjalanan paket travelling yang dapat membantu pembelian dan pengelolaan data travelling secara fleksibel dan efisien. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti memberikan solusi dengan merancang user experience dari sistem berbasis website Piknik Nusantara yang menciptakan hasil akhir berupa prototipe berfidelitas tinggi. Rancangan sistem nantinya dapat mempermudah konsumen dalam melakukan pemesanan transaksi perjalanan liburan, proses perancangan ini menggunakan design thinking, yang memiliki lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototipe, dan testing. Pengujian pada penelitian ini akan menilai pada aspek learnability, efficiency, dan satisfaction dengan menggunakan pengujian usability dengan task scenario dan system usability scale (SUS). Berdasarkan hasil pengujian tersebut untuk sistem pengguna umum diperoleh nilai “82,5†yang termasuk ke dalam karakteristik tingkat “acceptability tinggiâ€, grade scale sama dengan “Bâ€, dan adjective rating tergolong “almost goodâ€. Untuk sistem administrator didapatkan nilai “85†yang termasuk ke dalam karakteristik tingkat “acceptability tinggiâ€, grade scale sama dengan “Bâ€, dan adjective rating tergolong “excellentâ€.