Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Digital Marketing untuk UMKM dengan Metode Human-Centered Design
Kata Kunci:
user experience, human – centered design, digital marketing, usability testing, system usability scale.Abstrak
Perkembangan teknologi pada dekade terakhir telah berkembang dengan sangat pesat, khususnya internet. Pesatnya perkembangan sektor teknologi, terutama internet dan dunia digital yang tentu berdampak kepada dunia pemasaran. Akan tetapi, berdasarkan hasil riset McKinsey, hanya sekitar 30% usaha di Indonesia yang mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan instrumen digital. Melihat hasil riset ini, dapat disimpulkan bahwasanya potensi pemasaran melalui instrumen digital di Indonesia masih sangat besar khususnya untuk UMKM dalam kegiatan pemasaran produknya secara daring melalui media sosial Facebook dan melakukan transaksi secara online khususnya pada saat pandemi Covid - 19. Namun, para pelaku UMKM kesulitan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan digital marketing di Facebook. Penelitian ini memfokuskan pada proses perancangan user experience pada aplikasi pembelajaran digital marketing Facebook supaya sistem yang dirancang memenuhi kebutuhan pengguna. Metode yang digunakan yaitu Human - Centered Design (HCD) digunakan karena pada setiap proses tahapannya melibatkan pengguna dan dapat direalisasikannya perbaikan yang semakin interaktif dan bermanfaat dari sisi pengguna. Hasil akhir dari penelitian adalah high - fidelity prototype, selanjutnya prototype diuji dengan pengujian usability. Dar pengujian prototype tersebut mendapatkan hasil nilai aspek efektifitas sebesar 81,42 %, aspek efesiensi overall relative efficiency 100% dan time-based efficiency 0,065 goals / sec, dan aspek kepuasan pengguna dengan menggunakan kuesioner SUS sebesar 86.