Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Siswa berbasis Android menggunakan Metode User Centered Design (Studi pada : di SMK Telkom Banjarbaru)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Atika Shinta Pratiwi Satrio Hadi Wijoyo Satrio Agung Wicaksono

Abstrak

Kemunculan pandemi COVID-19 membuat pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. SMK Telkom Banjarbaru merupakan salah satu sekolah yang melakukan pembelajaran selama daring, sehingga Guru atau pendidik hanya mendapatkan informasi melalui media komunikasi (handphone), dan informasi dari orang tua sebagai pengawas pembelajaran di rumah. Pembelajaran dilaksanakan secara lancar tetapi terdapat salah satu kendala pada pembelajaran di SMK Telkom Banjarbaru adalah kurangnya informasi untuk mengetahui kegiatan siswa oleh guru maupun orang tua. Salah satu solusi adalah dengan membuat rancangan aplikasi berbasis android untuk sistem informasi siswa menggunakan metode User Centered Design (UCD). Metode ini fokus pada kebutuhan pengguna, pada rancangan ini diklasifikasikan menjadi siswa, guru, dan wali kelas. Pada tahap akhir penelitian ini yaitu pengujian pada rancangan aplikasi menghasilkan bahwa seluruh pengguna dapat mencapai skenario tugas pada masing-masing peran dengan persentase keberhasilan sebesar 100% sehingga rancangan aplikasi dapat dengan mudah dikenali dan digunakan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Pratiwi, A., Wijoyo, S., & Wicaksono, S. Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Siswa berbasis Android menggunakan Metode User Centered Design (Studi pada : di SMK Telkom Banjarbaru). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 9, p. 4554-4561, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11624>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel