Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Informasi Karyawan menggunakan Metode Usability Testing dan User Centered Design (Studi Kasus: Teladan Prima Group)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Farras Almay Renando Agi Putra Kharisma Mahardeka Tri Ananta

Abstrak

Aplikasi Teladan Apps merupakan aplikasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan aktivitas pekerjaan bagi karyawan di perusahaan Teladan Prima Group yang bergerak di bidang perkebunan dan pabrik kelapa sawit pada saat pandemik tanpa harus keluar rumah. Sebagai produk yang baru dikembangkan hingga saat ini tim pengembang dari aplikasi Teladan Apps belum melakukan evaluasi terkait dengan User Experience. Penelitian ini menggunakan metode Usability Testing untuk mengidentifikasi permasalahan usabilitas. Metode ini dapat membantu menemukan peluang serta memahami perilaku dan preferensi pengguna dalam menggunakan suatu produk (moran, 2019). Proses evaluasi dan perbaikan aplikasi “Teladan Apps” menggunakan metode User Centered Design (UCD) yaitu metode dengan pendekatan dalam pembuatan design yang menempatkan pengguna sebagai pusat dalam pada pembuatan desainnya. Dari hasil evaluasi pada aspek efektifitas menggunakan Usability Testing pada Prototype perbaikan aplikasi teladan apps mendapatkan nilai 91%. Hasil yang didapatkan dari penyebaran kuesioner UEQ pada pengujian tahap dua yang mewakili 6 aspek yaitu aspek daya tarik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 2.29, aspek kejelasan 2.21, aspek efisiensi 2.19, aspek ketepatan 1.99, aspek stimulasi 2.14 dan aspek kebaruan 1.90. Dari hasil evaluasi untuk seluruh aspek memiliki nilai positif.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Renando, F., Kharisma, A., & Ananta, M. Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Informasi Karyawan menggunakan Metode Usability Testing dan User Centered Design (Studi Kasus: Teladan Prima Group). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4587-4597, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11632>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel