Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Banking BCA dengan menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale (Studi Kasus: BCA Kota Singaraja)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ayu Made Krisna Dewi Satrio Hadi Wijoyo Andi Reza Perdanakusuma

Abstrak

PT Bank Central Asia Tbk meluncurkan aplikasi BCA Mobile dalam upaya memaksimalkan pemanfaatan teknologi guna menjawab kebutuhan dan keinginan nasabah serta agar dapat bersaing di era digital. Pada penggunaannya, nasabah merasa sulit menemukan riwayat transaksi, sulitnya proses transfer ke bank lain, sulit menemukan informasi saldo, serta tampilan aplikasi yang kurang up-to-date. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi usability dengan uji task scenario dan kuesioner SUS. Pengujian task scenario dilakukan untuk menilai aspek learnability, error, dan efficiency, dimana melibatkan 6 partisipan berusia 18 – 56 tahun yang terbagi menjadi dua kelompok yakni pengguna aplikasi Mobile Banking selain BCA Mobile dan nasabah BCA Kota Singaraja pengguna aktif BCA Mobile. Uji task scenario pada partisipan kelompok 1 memperoleh hasil learnability sebesar 41.67%, efficiency sebesar 0.009 goals/sec, dan error sebesar 0.41. Berbeda dengan partisipan kelompok 2 memperoleh hasil learnability sebesar 70.8%, efficiency sebesar 0.02 goals/sec, dan error sebesar 0.16. Sementara itu, kuesioner SUS digunakan untuk menilai aspek satisfaction dan melibatkan 20 orang responden nasabah BCA Singaraja pengguna aktif BCA Mobile. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh skor SUS sebesar 76.38. Menurut interpretasi skor SUS, angka tersebut masuk ke dalam kategori acceptable. Jika ditinjau dari grade scales, BCA mobile masuk ke dalam kategori ‘C’ dengan ratingGood’.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Dewi, A., Wijoyo, S., & Perdanakusuma, A. Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Banking BCA dengan menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale (Studi Kasus: BCA Kota Singaraja). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4611-4620, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11640>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel