Pengaruh Ice Breaking terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri 3 Malang

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Gidion Aldi Satrio Hadi Wijoyo Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMK Negeri 3 Malang terdapat permasalahan berupa minat belajar siswa yang kurang ditandai dengan harusnya diberikan stimulus di awal pembelajaran, metode dan model pembelajaran yang belum dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Ice Breaking terhadap model pembelajaran Problem Based learning dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 3 Malang. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian eksperimen siswa kelas X TKJ 1 dan TKJ 2 SMK Negeri 3 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X TKJ 1 sebanyak 35 siswa dan X TKJ 2 sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, Kuesioner dan wawancara. Pengujian yang dilakukan diantaranya pengujian normalitas, homogenitas, perbedaan pretest, perbedaan posttest, peningkatan pretest dan posttest kedua kelas dan Effect Size. Pengujian tersebut bertujuan untuk menentukan apakah Ice Breaking berpengaruh terhadap model pembelajaran Problem Based learning dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Aldi, G., Wijoyo, S., & Rokhmawati, R. Pengaruh Ice Breaking terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4621-4629, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11642>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel