Analisis Learning Management System terhadap Pengalaman Mahasiswa pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus: FILKOM UB)

Analisis Learning Management System terhadap Pengalaman Mahasiswa pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus: FILKOM UB)

Penulis

  • Ahmad Haydar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Diah Priharsari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Agung Wicaksono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Learning Management System, Technology Acceptance Model, Student Engagement, Analisis Tematik, Mahasiswa

Abstrak

Salah satu fasilitas yang dimanfaatkan dalam pembelajaran jarak jauh yaitu Learning Management System (LMS). LMS merupakan teknologi berupa aplikasi software yang digunakan untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan menilai proses pembelajaran daring (Alias dan Zainuddin, 2005). Pembelajaran Jarak Jauh menggunakan LMS merupakah suatu kebiasaan baru semenjak pandemic covid-19. Perubahan sistem pembelajaran dari luring menjadi daring memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa. Sikap penerimaan pengguna dibahas dalam Technology Acceptance Model (TAM) oleh Davis (1989). TAM memodelkan user dapat menerima teknologi (Setiawan, dkk, 2018). Pembelajaran Jarak Jauh tidak terlepas dari instruktur, mahasiswa, dan konten pembelajaran. Interaktifitas pembelajaran telah dibahas dalam teori Student Engagement (Keterlibatan Siswa) oleh Moore (1993). Student Engagement merupakan investasi psikologis mahasiswa dalam upaya pengarahan pada pembelajaran yang dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Pengalaman mahasiswa pada pembelajaran jarak jauh perlu diketahui guna menciptakan kembali interaksi belajar-mengajar (Schlosser dan Anderson (1994) dalam Sherry (1995). Pengumpulan data dilaksanakan secara kualitatif dengan metode wawancara semi-struktur. Analisis data dilaksanakan menggunakan metode analisis tematik koding. Hasil dari penelitian ini yaitu pengaruh LMS terhadap pengalaman mahasiswa pada pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa diberikan melalui peranan LMS dan tantangan LMS, dan pengalaman interaktivitas pembelajaran selama pembelajaran jarak jauh terdapat pada 3 kategori yaitu interaksi mahasiswa-ke-konten, interaksi mahasiswa-ke-instruktur, dan interaksi mahasiswa-ke-mahasiswa.

Unduhan

Diterbitkan

23 Sep 2022

Cara Mengutip

Haydar, A., Priharsari, D., & Wicaksono, S. A. (2022). Analisis Learning Management System terhadap Pengalaman Mahasiswa pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus: FILKOM UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(10), 4638–4645. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11644

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...