Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) pada Kegiatan Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kelas XI Multimedia SMK Negeri 5 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Zaky Nur Abyan Satrio Hadi Wijoyo Wibisono Sukmo Wardhono

Abstrak

Ciri penerapan model SOLE adalah penggunaan akses internet pada saat proses pembelajaran sehingga dapat memudahkan siswa untuk belajar secara online. Model pembelajaran SOLE dipilih karena sesuai dengan keadaan siswa saat ini yang tidak mengikuti pembelajaran tatap muka akibat dampak pandemi, yang membuat kegiatan pembelajaran dilakukan secara online. Pengembangan metode digunakan sebagai sarana untuk memperlancar proses pembelajaran dengan pendukung smartphone. Selama masa pandemi, proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara online. Pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka secara langsung melainkan dengan memanfaatkan aplikasi dan smartphone untuk proses pembelajarannya. Sistem pembelajaran menggunakan aplikasi kelas dengan materi power point dan memberikan tugas kepada siswa. Pada proses pembelajaran online permasalahan yang terjadi adalah guru tidak dapat mengetahui hasil belajar siswa tentang pelajaran desain grafis cetak yang diberikan karena pada masa pandemi siswa tidak antusias jika hanya diberikan materi dengan metode ceramah. Dalam penerapan model pembelajaran SOLE terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Abyan, Z., Wijoyo, S., & Wardhono, W. Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) pada Kegiatan Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kelas XI Multimedia SMK Negeri 5 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4693-4700, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11655>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel