Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Fitur Send Your Waste menggunakan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Waste4Change)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ramadhani Imam Khoiri Agi Putra Kharisma Komang Candra Brata

Abstrak

Waste4Change merupakan salah satu perusahaan yang fokus untuk mengatasi masalah persampahan, dimulai dari proses edukasi hingga pengelolaan agar sampah tidak masuk ke dalam tempat pembuangan akhir. Waste4Change memiliki sebuah fitur yaitu SYW (Send Your Waste) yang berfungsi untuk mengelola beberapa jenis sampah agar tidak dibuang langsung ke tempat pembuangan akhir. Waste4Change ingin membuat sebuah aplikasi dari fitur Send Your Waste yang dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan sistemnya dengan flow yang bagus. Dari permasalahan tersebut, dirancang sebuah aplikasi dari fitur Send Your Waste untuk mempermudah pengguna dalam mengirimkan sampahnya kepada pihak Waste4Change. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking. Tahap evaluasi dilakukan dengan melakukan pengujian hasil desain menggunakan usability testing dengan 5 orang responden yang menghasilkan nilai 85% pada pengujian efektivitas, 0,094 goals/detik pada pengujian efisiensi, dan 85,5 pada pengujian kepuasan pengguna. Pengujian selanjutnya dengan User Experience Question (UEQ) yang dilakukan dua kali pengujian. Pengujian pertama dengan 5 orang responden yang mendapatkan hasil excellent pada semua skala dan pengujian kedua yaitu dengan 15 orang responden yang mendapatkan hasil excellent hampir pada seluruh aspek, kecuali pada skala kejelasan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Khoiri, R., Kharisma, A., & Brata, K. Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Fitur Send Your Waste menggunakan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Waste4Change). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4714-4723, sep. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11664>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel