Analisis Kinerja Protokol Routing Destination Sequenced Distanced Vector (DSDV) terhadap Serangan Blackhole dan Grayhole pada Mobile Ad Hoc Network (MANET)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Made Ayu Gayatri Widhiastuti Dany Primanita Kartikasari Aditya Bhawiyuga

Abstrak

Kemajuan teknologi membuat infrastruktur jaringan juga semakin berkembang. Salah satu contoh perkembangan infrastruktur jaringan adalah dengan adanya teknologi jaringan nirkabel atau jaringan Ad-Hoc. MANET adalah salah satu jenis jaringan Ad-Hoc yang memiliki topologi jaringan yang fleksibel dan node pada MANET bisa bebas berpindah tempat. Node pada MANET yang dapat berpindah-pindah, menjadi faktor MANET rentan terkena security attack yang dapat mengancam kinerja jaringan pada MANET. Serangan blackhole dan grayhole merupakan serangan yang ada pada MANET. Pada penelitian ini menggunakan protokol routing Destination Sequenced Distanced Vector (DSDV) yang bersifat proaktif dengan mobilitas random waypoint untuk mengetahui kinerja protokol terhadap serangan blackhole dan grayhole. Penelitian dilakukan dengan menggunakan simulasi NS2.35 dan skenario berupa variasi penambahan jumlah node normal dan node penyerang. Pengujian dilakukan dengan menggunakan parameter QoS yaitu packet delivery ratio, average end-to-end delay, throughput dan normalized routing load. Hasil pengujian didapatkan bahwa terjadi penurunan kinerja protokol DSDV sebelum dan sesudah serangan blackhole dan grayhole berdasarkan nilai parameter QoS tertentu.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Widhiastuti, M., Kartikasari, D., & Bhawiyuga, A. Analisis Kinerja Protokol Routing Destination Sequenced Distanced Vector (DSDV) terhadap Serangan Blackhole dan Grayhole pada Mobile Ad Hoc Network (MANET). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4795-4804, okt. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11686>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel