Aplikasi Edukasi Pembelajaran Interaktif Alfabet Anak menggunakan Teknologi Augmented Reality

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rahadian Fernandika Eriq Muhammad Adams Jonemaro Muhammad Aminul Akbar

Abstrak

Pembelajaran pengenalan alfabet dapat dikembangkan dengan kemajuan teknologi ini, yaitu dengan menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran interaktif pengenalan alfabet. Berdasarkan penelitian sebelumnya penulis ingin memberikan sebuah solusi dengan membuat aplikasi untuk menyelesaikan masalah kurangnya minat belajar anak. Maka aplikasi yang dibuat akan ditambahkan gambar sebagai contoh penggunaan alfabet supaya anak-anak lebih tertarik saat belajar menggunakan aplikasi. Pengenalan huruf alfabet merupakan salah satu keterampilan anak yang berkembang sejak dini khususnya anak TK yaitu keterampilan berbahasa. Kemampuan anak mengenal alfabet ditunjukkan dengan kemampuan anak mengucapkan bunyi dan nama untuk setiap alfabet.Pengujian aplikasi menggunakan metode yaitu Blackbox Testing dan Smileyometer, metode Blackbox menguji aspek fungsionalitas suatu aplikasi dan pengujian menggunakan Smileyometer untuk menilai pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi. Hasil dari Blackbox Testing semua hasil pengujian berjalan sesuai dengan fungsinya dan hasil pengujian Smileyometer pada Pre-test mendapatkan nilai rata-rata 3.4 dan pada Post-test mendapatkan nilai 4.5 dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat meningkatkan ketertarikan anak dalam belajar alfabet.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fernandika, R., Jonemaro, E., & Akbar, M. Aplikasi Edukasi Pembelajaran Interaktif Alfabet Anak menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4811-4819, okt. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11695>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel