Perancangan User Experience Aplikasi Pendaftaran Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sonia Dwi Suci Hayuningtyas Buce Trias Hanggara Intan Sartika Eris Maghfiroh

Abstrak

Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya merupakan institusi pelayanan di bidang kesehatan yang ada di Kota Surabaya dibawah naungan POLRI. Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya masih menggunakan cara manual dalam proses administrasi pendaftarannya yang menyebabkan antrean yang cukup lama. Sehingga, Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya berencana untuk mengembangkan aplikasi mobile pada pelayanannya agar mempermudah penggunanya untuk mendapatkan layanan kesehatan tanpa melalui proses administrasi yang panjang. Desain dari aplikasi mobile ini memiliki peran penting, oleh karena itu perlu adanya rancangan user experience untuk memberikan hasil aplikasi yang nyaman saat digunakan oleh pengguna. Metode yang digunakan untuk merancang aplikasi mobile Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya adalah Human-Centered Design (HCD) guna sebagai acuan dalam perancangan tampilan antarmuka aplikasi, berfokus dalam menghasilkan sistem layanan yang berguna serta berfokus pada kebutuhan pengguna. Agar mengetahui desain solusi yang telah disusun sejalan dengan tujuan user, maka hasil rancangan tersebut akan diuji memakai User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil pengujian diperoleh nilai mean dari masing-masing skala UEQ dan menunjukkan nilai dalam kategori positif, yaitu kategori good pada skala kejelasan, lalu kategori excellent pada skala daya efisiensi, daya tarik, ketepatan, stimulasi, serta kebaruan. Sehingga aplikasi mobile RS Bhayangkara Surabaya menghasilkan rancangan user experience yang bagus.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Hayuningtyas, S., Hanggara, B., & Maghfiroh, I. Perancangan User Experience Aplikasi Pendaftaran Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4820-4828, okt. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11696>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel