Analisis Faktor Individualism, Perceived Familiarity, dan Perceived Social Value Terhadap Startup Intentions pada Mahasiswa

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Mohamad Fatkhur Rozi Yusi Tyroni Mursityo Intan Sartika Eris Maghfiroh

Abstrak

Perkembangan usaha jenis startup di Indonesia saat ini cukup pesat terutama sejak tahun 2018. Usaha jenis startup ini mulai tumbuh seiring dengan kemajuan teknologi yang terjadi yang juga memicu disruptive technology pada bidang usaha. Saat ini banyak kita temui usaha-usaha baru yang memanfaatkan teknologi yang kini dikenal dengan istilah e-business. Selayaknya bisnis pada umumnya, banyak faktor yang mempengaruhi berjalannya bisnis tersebut atau bahkan mempengaruhi seseorang dalam memasuki sektor bisnis tersebut. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat seseorang dalam mendirikan sebuah bisnis startup. Lingkup penelitian ini mencakup 200 mahasiswa Universitas Brawijaya sebagai responden dalam pengumpulan data, dimana berdasarkan pada data tersebut akan diteliti pengaruh faktor Individualism, Perceived Familiarity, dan Perceived Social Value terhadap Startup Intentions pada mahasiswa. Pada penelitian ini digunakan kuesioner yang disebarkan online sebagai instrumen pengumpulan data, serta menggunakan PLS-SEM sebagai metode analisis pada data yang telah diperoleh. Berdasarkan analisis tersebut diketahui bahwa mayoritas responden sependapat terhadap pernyataan-pernyataan yang diajukan melalui kuesioner, karena diperoleh rata-rata hasil pada skala 4 dari 5 untuk setiap pernyataan. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa masing-masing faktor Individualism, Perceived Familiarity, dan Perceived Social Value memiliki pengaruh yang signifikan serta bersifat positif baik secara parsial maupun simultan terhadap Startup Intentions pada mahasiswa.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rozi, M., Mursityo, Y., & Maghfiroh, I. Analisis Faktor Individualism, Perceived Familiarity, dan Perceived Social Value Terhadap Startup Intentions pada Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4848-4856, okt. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11701>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel