Pengaruh Faktor Uncertainty Avoidance, Perceived Influence, Perceived Economic Value terhadap Startup Intention pada Mahasiswa Teknik dan Non-Teknik

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Abdurrahman Zain Hamim Yusi Tyroni Mursityo Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPS, jumlah penduduk usia kerja (15 tahun) terus meningkat. Mahasiswa secara usia termasuk dalam usia kerja dan dinilai krusial karena dapat menjadi aktor perubahan terhadap lingkungan sekitarnya. Namun hal tersebut menjadi sulit dikarenakan paradigma terhadap pekerja kantoran yang dianggap lebih oleh masyarakat dibandingkan dengan usaha sendiri. Mengubah mindset tersebut tidaklah mudah, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi seperti faktor budaya yaitu uncertainty avoidance, perceived influence dan perceived economic value dari startup sendiri yang dapat mempengaruhi startup intention. Sampel yang digunakan sebanyak 195, pemilihan sampel menggunakan metode proportionate random sampling. Setelah dikumpulkan data dianalisis dengan metode statistik deskriptif dan dilakukan pengujian asumsi dasar diantaranya uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas, dari hasil pengujian dapat ditentukan metode analisis non-parametrik untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil analisis deskriptif menunjukan nilai mean seluruh variabel berkategori sangat tinggi. Dan dari hasil analisis non-parametrik menunjukan seluruh variabel memiliki pengaruh yang signifikan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Hamim, A., Mursityo, Y., & Herlambang, A. Pengaruh Faktor Uncertainty Avoidance, Perceived Influence, Perceived Economic Value terhadap Startup Intention pada Mahasiswa Teknik dan Non-Teknik. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4857-4866, okt. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11704>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel