Perancangan User Interface Website Profil Perusahaan dengan menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) dan Heuristic Evaluation (Studi Kasus: PT Mahitala Bramanta Digital)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Tara Rahmadilla Adhi Satrio Hadi Wijoyo Bondan Sapta Prakoso

Abstrak

PT Mahitala Bramanta Digital adalah sebuah instansi yang bergerak dibidang Layanan Teknologi Informasi yang menawarkan berbagai solusi digital kebutuhan perusahaan. Akan tetapi kendala yang ditemukan oleh PT Mahitala Bramanta Digital yaitu belum adanya rancangan user interface website profil perusahaan yang baik dan memenuhi tujuan perusahaan dan pengguna, serta belum adanya pandangan pengguna website tersebut selain dari internal perusahaan. Berdasarkan identifikasi masalah yang terjadi, peneliti bertujuan untuk menghasilkan rancangan user interface website profil perusahaan dengan tampilan yang mampu memenuhi karakteristik dan fisosofi yang dimiliki oleh perusahaan dengan menggunakan metode Human Centered Design (HCD). Metode HCD digunakan untuk mengetahui proses bisnis dan mengidentifikasi use case diagram pengguna agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan pengguna serta agar sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan. Evaluasi yang digunakan untuk desain solusi menggunakan metode Heuristic Evaluation yang melibatkan 3 evaluator. Total permasalahan yang ditemukan sebanyak 23 permasalahan, lalu dilakukan prioritas perbaikan kepada 12 permasalahan yang memiliki nilai rata-rata severity rating diatas 2. Dilakukan juga perbaikan terhadap permasalahan lainnya berdasarkan saran yang diberikan dari evaluator dan menggunakan pedoman Usability Guidelines dalam proses perbaikan sehingga dapat dikatakan bahwa solusi desain telah sesuai dengan usabilitas pengguna maupun dengan tujuan perusahaan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Adhi, T., Wijoyo, S., & Prakoso, B. Perancangan User Interface Website Profil Perusahaan dengan menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) dan Heuristic Evaluation (Studi Kasus: PT Mahitala Bramanta Digital). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4867-4876, okt. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11705>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel