Pengembangan Sistem Manajemen Perizinan Angkutan Umum berbasis Web (Studi Kasus: Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Firdaus Yulia Fika Maulidya Denny Sagita Rusdianto Fajar Pradana

Abstrak

Perizinan adalah salah satu syarat dokumen wajib bagi angkutan umum untuk dapat beroperasi. Pengajuan permohonan perizinan di Dinas Perhubungan Kota Malang dilakukan dengan cara sopir angkutan menyerahkan dokumen yang diperlukan di Dinas Perhubungan Kota Malang. Cara tersebut mengakibatkan terhambatnya pekerjaan sopir angkutan karena harus melakukan pengajuan permohonan perizinan yang cukup memakan waktu. Selain itu, kesulitan pemrosesan permohonan perizinan karena ketidaklengkapan dokumen yang dialami oleh Dinas Perhubungan kota malang ini menyebabkan proses perizinan mmebutuhkan waktu yang lama. Sistem manajemen perizinan angkutan umum berbasis web dikembangkan untuk dapat memberi solusi pada masalah tersebut. Sistem dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan perangkat lunak waterfall dan pendekatan yang digunakan adalah object oriented. Adapun pengujian sistem menggunakan 3 strategi, yaitu uji unit, uji integrase, dan uji validasi. Uji unit dan integrase menggunakan white box testing sedangkan uji vakidasi menggunakan black box testing. hasil pengujian white box testing dengan 3 kasus uji menunjukan hasil yang valid sedangkan hasil uji black box testing dengan uji 67 kebutuhan funsional menunjukan hasil valid.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Maulidya, F., Rusdianto, D., & Pradana, F. Pengembangan Sistem Manajemen Perizinan Angkutan Umum berbasis Web (Studi Kasus: Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4932-4938, okt. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11719>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel