Perancangan Antarmuka Pengguna Situs Web E-Health untuk Layanan Pemeriksaan Penyakit Kulit menggunakan Pendekatan User-Centered Design (UCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Luthfi Dani Kamil Ismiarta Aknuranda

Abstrak

Penyakit kulit merupakan salah satu penyakit yang sering menjangkit penduduk Indonesia. Pada umumnya penyakit kulit bukanlah penyakit yang fatal, sehingga keberadaannya sering diabaikan dan orang yang terkena tidak menganggapnya serius. Solusi penerapan E-Health dalam pelayanan kesehatan kulit agar memudahkan penderita penyakit kulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan langsung dari dokter spesialis. Perancangan Antarmuka Pengguna pada situs web E-health dalam penelitian ini akan menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD). Pada perancangan antarmuka pengguna situs web E-Health sistematika tampilan modal menjadi sebuah bentuk penerapan prinsip-prinsip pada UCD. Modal menjadi sebuah solusi karena dapat memaksimalkan Usability, Performance, dan menyederhanakan (Simplify) navigasi. Pengujian desain pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner Single Ease Question (SEQ) menghasilkan nilai rata-rata 6.57 oleh petugas puskesmas dan 6.40 oleh dokter puskesmas. Total rata-rata nilai kepuasan dari dua pengguna adalah 6.48 yang menunjukan bahwa hasil desain antarmuka Pengguna situs web E-health mudah untuk digunakan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kamil, M., & Aknuranda, I. Perancangan Antarmuka Pengguna Situs Web E-Health untuk Layanan Pemeriksaan Penyakit Kulit menggunakan Pendekatan User-Centered Design (UCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4989-4995, nov. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11733>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel