Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna pada Website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sumatera Barat menggunakan Metode Human Centered Design (HCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Hanifah Asri Satrio Hadi Wijoyo Suprapto Suprapto

Abstrak

Website DPMPTSP merupakan media penyebaran informasi terkait potensi investasi dan juga regulasi yang digunakan oleh DPMPTSP Prov. Sumatera Barat. Sejak pertama kali dibuat yaitu tahun 2017 Website DPMPTSP belum pernah dilakukan evaluasi dan saat dilakukan evaluasi pertama kali oleh peneliti menggunakan User experience questionnaire (UEQ) yang dibagikan kepada 25 responden dengan teknik purposive sample, website DPMPTSP mendapat nilai rata-rata 0,191 dimana seluruh aspek pada Benchmark nya mendapat nilai Bad. Digunakan pendekatan Human centered design (HCD) pada proses perancangan. HCD digunakan untuk mengetahui permasalahan pada sistem dan cara mengatasi permasalahan tersebut dimana melibatkan perspektif manusia pada tiap tahapnya dengan mempusatkan perhatian pada pengguna dan menghasilkan rekomendasi perbaikan desain pada rancangan antarmuka pengguna. Wireframe dan high fidelity prototype merupakan rancangan yang dihasilkan dari penelitian ini. Setelah dilakukan perbaikan desain antarmuka pengguna, maka pengujian dilakukan kembali menggunakan UEQ dengan jumlah responden yang sama yaitu 25 orang dan mendapat respon yang baik dimana mendapat nilai rata-rata 1,800 dimana seluruh aspek pada Benchmark nya mendapat nilai Excellent.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Asri, H., Wijoyo, S., & Suprapto, S. Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna pada Website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sumatera Barat menggunakan Metode Human Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 5005-5014, nov. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11735>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel