Perancangan User Experience pada Aplikasi Prabumart dengan Metodologi Design Thinking

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Redo Andi Reza Perdanakusuma Hanifah Muslimah Az-Zahra

Abstrak

Kelompok Wanita Tani Kota Prabumulih Merupakan program Walikota Prabumulih. Akses dan informasi yang minim membuat hasil penjualan KWT kurang maksimal, oleh sebab itu Pemerintah Kota Prabumulih berencana untuk mengembangkan aplikasi Prabumart. Desain pengalaman pengguna harus diikuti karena desain aplikasi harus memberikan pengalaman yang baik saat digunakan oleh komunitas. Design thinking adalah metode yang digunakan untuk menciptakan pengalaman pengguna pada aplikasi Prabumart dengan cara mengidentifikasi masalah dan menjelaskan desain yang dapat menyelesaikan masalah yang ada. Solusi tersebut kemudian diuji menggunakan User Experience Question (UEQ), yang membantu menentukan apakah solusi tersebut dikembangkan atau diselesaikan oleh sumber daya pengguna aplikasi. Selain itu, pengujian menggunakan UEQ, misalnya pengguna komunitas Kota Prabumulih dan aplikasi Prabumart memiliki nilai mean tiap skala UEQ berada pada kategori positif dengan seluruh skala UEQ berada pada kategori sangat baik, kemudian untuk aplikasi Prabumart Admin dengan pengguna Kelompok Wanita Tani memiliki nilai mean tiap skala UEQ yang juga berada pada kategori positif dengan seluruh skala UEQ berada pada kategori diatas rata-rata untuk skala Attractiveness masuk kedalam kategori good (baik). Pada pengujian feedback capture matrix terdapat rekomendasi saran perbaikan dari 3 pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Redo, M., Perdanakusuma, A., & Az-Zahra, H. Perancangan User Experience pada Aplikasi Prabumart dengan Metodologi Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 4996-5004, nov. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11740>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel