Penerapan Rest API dalam Pengembangan Sistem Informasi Sayur Online Kediri berbasis Web dan Mobile (Studi Kasus: Sayuraya Kediri)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sandi Dewo Rahmadianto Bayu Rahayudi Buce Trias Hanggara

Abstrak

Sayuraya adalah sebuah startup yang berlokasi di Kota Kediri yang menyediakan kebutuhan dapur secara online. Terdapat beberapa masalah pada operasional Sayuraya. Yang pertama proses pencatatan transaksi masih dilakukan manual sehingga memungkinkan terjadi human error dalam proses pencatatan. Permasalahan kedua sistem manajemen masih dilakukan manual dimana membutuhkan waktu yang lama dan beresiko terjadi kesalahan. Sistem informasi yang akan dikembangkan menggunakan metode RAD (Rapid Application Develeopment). Penelitian diawali dengan wawancara analisis kebutuhan dengan owner sayuraya. Selanjutnya akan dilakukan perancangan berdasarkan analisis kebutuhan. Setelah rancangan disetujui maka selanjutnya diimplementasikan dalam bentuk koding. Pada proses implmentasi dibuat sebauh web manajemen yang akan digunakan untuk pihak sayuraya, serta aplikasi mobile yang akan digunakan untuk customer sayuraya. Dan menggunakan REST API untuk komunikasi antara aplikasi mobile dengan server. Tahap terakhir adalah pengujian. Pengujian pertama adalah black-box testing, pada pengujian ini dilakukan pengujian pada 18 kebutuhan fungsional yang sudah dibuat, dan hasilnya semua fungsi berjalan dengan benar. Pengujian kedua dilakukan dengan metode Usability dengan melakukan System Usability Scale, pada pengujian ini dilakukan penyebaran kuesioner kepada 6 responden, 5 merupakan customer dan 1 merupakan owner sayuraya. dari hasil pengujian mendapatkan nilai 77,08.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rahmadianto, S., Rahayudi, B., & Hanggara, B. Penerapan Rest API dalam Pengembangan Sistem Informasi Sayur Online Kediri berbasis Web dan Mobile (Studi Kasus: Sayuraya Kediri). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 10, p. 5015-5021, nov. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11744>. Tanggal Akses: 08 des. 2022
Bagian
Artikel