Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Desa berbasis Website (SIMPEDE) pada Desa Dawuhan Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang
Kata Kunci:
desa dawuhan, pelayanan surat, sistem informasi, waterfall modelAbstrak
Desa Dawuhan berada dikawasan Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang Jawa Timur. Dawuhan termasuk desa berkembang dengan jumlah penduduk mencapai 7115 orang. Namun pada kasus ini pelayanan administrasi dan pengolahan data penduduk di desa dawuhan masih menggunakan cara konvensional, dimana masih menggunakan arsip buku untuk mengolah data tertulis sehingga pengurusan dokumen surat keterangan dan surat pencatatan sipil masih menemui banyak permasalahan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan adanya sistem informasi untuk menangani surat menyurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa Sistem Informasi Pelayanan Desa (SIMPEDE) berjalan secara efektif. Menjawab permasalahan tersebut, pemodelan proses bisnis, analisis dan perancangan, implementasi, dan pengujian sistem dilakukan untuk mengetahui sistem berjalan sesuai kebutuhan. Pemodelan proses bisnis menciptakan proses bisnis AS-IS dan To-Be. Analisis kebutuhan dan perancangan dilakukan dengan mengidentifikasi aktivitas aktor dengan sistem, mengidentifikasi kebutuhan fungsional dan kebutuhan non fungsional, memvisualisasikan use case diagram, use case scenario, sequence diagram, kemudian dilakukan perancangan basis data menggunakan MySql, serta perancangan antarmuka sistem. Implementasi sistem menjelaskan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan, source code, kemudian menghasilkan antarmuka sistem yang sesuai kebutuhan.