Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Bengkel berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking. (Studi Kasus Bengkel Harto Motors)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Mayshal Aldo Krisnanda Riswan Septriayadi Sianturi Agi Putra Kharisma

Abstrak

Peningkatan kendaraan pribadi berbanding lurus dengan peningkatan angka perawatan dan perbaikan kendaraan pribadi. Harto Motors salah satu bengkel perawatan dan perbaikan yang ada di Kota Malang, memiliki jumlah permintaan yang cukup tinggi akan layanan jasa bengkel. Namun, reservasi di Harto Motors masih secara manual. Sistem manual ini seringkali menyulitkan baik pihak bengkel maupun pelanggan. Penelitian ini melakukan perancangan user experience aplikasi mobile untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam melakukan reservasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design thinking karena metode ini berfokus kepada calon pengguna dan sifatnya yang berinteraksi dengan pengguna dalam menemukan solusi. Untuk validasi, penelitian ini menggunakan pengujian usability pada 10 responden yang mendapatkan nilai aspek efektivitas sebesar 91,5%, aspek efisiensi sebesar 0,10 goals/sec, serta aspek kepuasan sebesar 83,5 yang termasuk grade B kategori excellent dan juga masuk kategori acceptable. Selanjutnya, pengujian dilakukan juga menggunakan user experience questionnaire (UEQ) yang diujikan kepada 20 responden dan mendapatkan hasil aspek attractiveness sebesar 2,30, hasil dari aspek perspicuity sebesar 2,39, hasil dari aspek Efficiency sebesar 2,44, hasil dari aspek dependability sebesar 2,08, hasil dari aspek stimulation sebesar 2,09, dan hasil dari aspek novelty sebesar 1,99. Hasil dari pengujian usability dan UEQ digunakan menjadi landasan peneliti untuk melakukan perbaikan antarmuka sesuai dengan feedback yang diberikan oleh para responden.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Krisnanda, M., Sianturi, R., & Kharisma, A. Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Bengkel berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking. (Studi Kasus Bengkel Harto Motors). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 11, p. 5113-5122, des. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11800>. Tanggal Akses: 09 peb. 2023
Bagian
Artikel