Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku pengguna Messenger ABC dalam Penerimaan Informasi pada Lembaga XYZ dengan Menggunakan The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku pengguna Messenger ABC dalam Penerimaan Informasi pada Lembaga XYZ dengan Menggunakan The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)

Penulis

  • Ami Fajar Hikmah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ari Kusyanti Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Andi Reza Perdanakusuma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Instant Messengger, Messengger ABC, Lembaga XYZ, Perilaku Pengguna, UTAUT, Regresi Linear

Abstrak

Internet merupakan salah satu teknologi informasi yang dapat memudahkan pengguna dalam mencari informasi serta melakukan komunikasi dengan pengguna lain. Salah satu layanan dari internet adalah instant messenger atau pesan instan. Pesan instan yang banyak digunakan saat ini adalah messengger ABC. Messengger ABC merupakan aplikasi instant messaging yang memberikan layanan berkirim pesan, telepon dan juga video secara gratis. Salah satu pengguna messengger ABC adalah Lembaga XYZ. Lembaga XYZ adalah lembaga eksekutif yang berada di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Pada penggunaan messengger ABC dilembaga XYZ tidak terlepas dari masalah, salah satu masalahnya adalah bukti percakapan penting yang kemudian di screenshoot oleh pengguna lain dan hasil dari percakapan tersebut disebarkan kepada pengguna lainnya pula. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen serta mengatahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi pengguna messengger ABC dalam penerimaan informasi dilembaga XYZ. Penelitian ini menggunakan The Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT) yang dikembangkan oleh Venkatesh et al. (2003) dengan analisis regresi linear. Sampel data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden melalui kuesioner online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Effort Expectancy, Social Influence, Trust dan Privacy  memengaruhi niat perilaku pengguna (Behavioral Intention) dalam penerimaan informasi. Terdapat dua faktor yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat perilaku pengguna yaitu Performance Expectancy dan Faciliting Condition.

Unduhan

Diterbitkan

30 Agu 2017

Cara Mengutip

Hikmah, A. F., Kusyanti, A., & Perdanakusuma, A. R. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku pengguna Messenger ABC dalam Penerimaan Informasi pada Lembaga XYZ dengan Menggunakan The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1372–1381. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1181

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...