Analisis dan Perbaikan Usability Situs Halo FILKOM menggunakan Metode Design Thinking dan System Usability Scale

Analisis dan Perbaikan Usability Situs Halo FILKOM menggunakan Metode Design Thinking dan System Usability Scale

Penulis

  • Ilham Hananto Wibisono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

esign Thinking, System Usability Scale, HaloFilkom, Analisis dan Perbaikan

Abstrak

Website Halo Filkom hadir untuk membantu mahasiswa yang memerlukan informasi mengenai pelayanan, dukungan teknis, pertanyaan dan komplain terhadap seluruh layanan di FILKOM UB dengan memanfaatkan sistem e-ticketing. Peneliti menemukan bahwa walau situs Halo Filkom sudah layak digunakan, namun karena terbilang baru, ditemukan beberapa keluhan dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer seperti desain terlalu kaku, tiket ditutup terlalu cepat, ataupun sistem ticketing yang membingungkan untuk pengguna baru. Untuk itu diperlukan evaluasi badpada situs Halo Filkom agar lebih baik kedepannya. Peneliti menggunakan metode design thinking untuk melakukan evaluasi dan perbaikan pada situs Halo Filkom. Alasan peneliti menggunakan metode design thinking ialah karena dengan metode ini dapat membantu peneliti menggali kebutuhan pengguna lebih dalam. Dengan metode riset kualitatif layaknya wawancara, dibanding kuantitatif layaknya survey. Dengan adanya tahapan empathize pada metode ini dapat melibatkan responden untuk ikut berpartisipasi dalam brainstorming terkait keluhan maupun ide dalam pengembangan website Halo Filkom kedepannya. Pengambilan data untuk evaluasi dilakukan menggunakan metode wawancara yang terdiri dari mahasiswa dan stakeholder. Selain itu dilakukan juga evaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan tujuan menilai usability website sebelum desain ulang. Ditemukan bahwa nilai SUS website sejumlah 54.5 poin. Setelah dilakukan perbaikan desain seperti pembuatan tutorial untuk pengguna baru, perbaikan halaman agar tidak kaku, dan perbaikan lainnya design thinking berhasil meningkatkan nilai SUS sebanyak 37 poin atau 67.88%. Setelah dilakukan desain ulang kembali dilakukan uji SUS dan ditemukan bahwa nilai meningkat menjadi 91.5 poin. Dapat disimpulkan bahwa proses evaluasi dan perbaikan website menggunakan metode design thinking berhasil meningkatkan nilai SUS sebanyak 37 poin atau 67.88%

Unduhan

Diterbitkan

03 Jan 2023

Cara Mengutip

Wibisono, I. H., Wijoyo, S. H., & Rachmadi, A. (2023). Analisis dan Perbaikan Usability Situs Halo FILKOM menggunakan Metode Design Thinking dan System Usability Scale. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(11), 5154–5162. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11814

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...