Analisis Peran Pengalaman Kerja dan Linearitas Background Pendidikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Work From Anywhere
Kata Kunci:
Karyawan, Linearitas Background Pendidikan, Metode Campuran, Pengalaman Kerja, Produktivitas, Work From Anywhere.Abstrak
Ditengah masa “normal baru†setelah surutnya pandemi covid-19 dan perubahan sistem kerja Work From Home (WFH) ke Work From Anywhere (WFA). Tentunya perusahaan harus bisa memaksimalkan tiap unsur yang dimiliki agar bisa bertahan, seperti produktivitas karyawannya di masa WFA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis peran variabel pengalaman kerja dan linearitas background pendidikan dari seorang karyawan WFA terhadap produktivitasnya dengan menggunakan metode campuran. Teknik pengumpulan data pada metode kualitatif adalah wawancara semi terstruktur dengan melibatkan 10 narasumber dan diolah dengan metode thematic analysis. Sementara, pada metode kuantitatif akan digunakan teknik pengumpulan data kuesioner yang mendapatkan 138 responden menggunakan tool SPSS. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif, ditemukan bahwa pengalaman kerja memiliki peran terhadap produktivitas seorang karyawan pada masa WFA dalam hal kemudahan beradaptasinya. Sementara, pada linearitas background pendidikan ditemukan bahwa karyawan dengan pendidikan tidak linear secara langsung tidak akan memiliki masalah dengan produktivitasnya selama karyawan tersebut dapat memenuhi ketertinggalan ilmunya. Temuan pada metode kualitatif dikonfirmasi dalam metode kuantitatif, dimana terdapat perbedaan rata-rata produktivitas yang signifikan antar tingkat kelompok pengalaman kerja dari karyawan WFA dan tidak ada perbedaan rata-rata produktivitas yang signifikan antara karyawan linear dan tidak linear pada masa WFA.