Evaluasi dan Perancangan Desain Solusi Website Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Kediri menggunakan Metode Webqual, Design Thinking dan System Usability Scale (SUS)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rayyan Mada Satrio Hadi Wijoyo Suprapto Suprapto

Abstrak

Laman web Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah kota Kediri adalah media penyimpanan informasi terkait profile, layanan, pendaftaran, pelaporan atau pembayaran pajak dan retribusi, dokumentasi kegiatan, berita hingga sosialisasi sebagai upaya penerapan pemerintahan dengan konsep digital untuk mengembangkan kualitas pelayanan publik dengan efektif serta efisien. Meskipun website ini adalah salah satu media informasi BPPKAD Kota Kediri, namun terdapat kekurangan yang ditemukan, terutama kualitas informasi, interaksi pelayaan, kegunaan website dan pengalaman pengguna. Mengacu pada kekurangan tersebut, penenlitian ini dilakukan untuk melakukan evaluasi dan redesign website BPPKAD kota Kediri, agar meningkatkan aspek usabilitas pada website. Kemudian dalam tahap pra-perancangan website BPPKAD Kota Kediri memakai metode design thinking serta pengujian task scenario serta pengujian SUS. Berdasarkan penggalian kebutuhan awal ditemukan bahwa tingkat kepuasan pengguna website hanya sekitar 66%. Tingkat kepuasan terendah berada pada aspek conten, organization and readability. Sementara tingkat kepuasan tertinggi berada pada aspek user interface design, namun hanya sekitar 70%. Kemudian hasil evaluasi dan redesign yang dilakukan memperoleh hasil yang cukup memuaskan. Berdasarkan aspek efektifitas dan efisiensi diperoleh hasil 100% pengguna berhasil menjalankan task scenario yang diberikan dengan kisaran waktu pengerjaan terlama adalah 10 detik untuk satu task. Kemudian dalam aspek kepuasan rata-rata pengguna memeberikan penilaian pada skala grade B+ hingga A+.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Mada, R., Wijoyo, S., & Suprapto, S. Evaluasi dan Perancangan Desain Solusi Website Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Kediri menggunakan Metode Webqual, Design Thinking dan System Usability Scale (SUS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 11, p. 5218-5225, jan. 2023. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11824>. Tanggal Akses: 09 peb. 2023
Bagian
Artikel