Pengaruh Online Streamer Personality, Visibility dan Efek Moderasi Usia Responden terhadap Trust to Streamer pada Live Shopping
Kata Kunci:
Kata kunci: Live shopping, Online Streamer Personality, Visibility, Moderasi usia responden, SEM-CB, Trust To StreamerAbstrak
Saat ini live shopping sangat menjanjikan bagi pelaku usaha dan UMKM dikarenakan Live shopping merupakan metode penjualan produk dengan cara live di sosial media atau e-commerce dengan dipandu oleh pembawa acara saat aktivitas live shopping yang biasa disebut streamer, audiens dapat merasakan manfaat yaitu dapat berinteraksi dengan streamer, membeli dan melihat produk secara real-time. Para pelaku usaha dan UMKM pun berlomba-lomba untuk melakukan aktivitas live shopping. Tidak mudah bagi mereka untuk dapat menciptakan kepercayaan audiens kepada streamer. Terdapat faktor yang memengaruhi kepercayaan kepada streamer yaitu Online Streamer Personality beserta efek moderasi usia responden dan Visibility. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Online Streamer Personality, Visibility serta efek moderasi usia responden terhadap kepercayaa kepada streamer pada live shopping. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metdoe SEM-CB serta analisis moderasi. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini menggunkaan tools IBM SPSS 22 dan IBM AMOS 26. Peneliti menyebarkan kuesioner pada 502 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu hipotesis yang tidak diterima yaitu Visibility terhadap Trust To Streamer.