Analisis User Experience Aplikasi SIPON CERIA RSUD Dr Darsono dengan menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Gumilar Hendra Kusuma Diah Priharsari

Abstrak

RSUD Dr. Darsono merupakan Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Pacitan. Dalam meningkatkan layanan, RSUD Dr. Darsono memanfaatkan teknologi berbasis mobile yaitu Aplikasi SIPON CERIA. Pengguna yang merupakan masyarakat Kabupaten Pacitan memiliki permasalahan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Berdasarkan masalah yang ada, peneliti melakukan penelitian tentang anaIisis user experience pada aplikasi SIPON CERIA. Dengan menggunakan metode usability testing dan user experience questionnaire (UEQ) diharapkan dapat melakukan proses analisis user experience aplikasi SIPON CERIA. Pengujian usabilitytesting dilakukan kepada 3 orang pengguna aplikasi SIPON CERIA dengan hasil yaitu pada aspek effectiveness memperoleh nilai 100% dan memiliki arti bahwa pengguna bisa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh peneliti, pada aspek efficiency memperoleh nilai 100% dan memiliki arti bahwa waktu keseluruhan yang diperoleh dalam menjalankan tugas sudah cukup baik dan pada aspek satisfaction dengan kuesioner systemusability scale (SUS) memperoleh hasil 69,16 dan memiliki arti bahwa aplikasi SIPON CERIA mempunyai tingkat kepuasan pengguna berada pada marginal high. Lalu dilakukan penyebaran kuesioner UEQ pada pengujian user experience yang diberikan kepada 20 orang responden dan memperoleh nilai rata-rata 1,170 pada keenam aspek pada kuisioner UEQ yaitu aspek attractiveness, perspicuity, efficiency, stimulation, novelty dan dependability yang mempunyai arti bahwa pengguna aplikasi SIPON CERIA memberikan penilaian menuju pada arah yang positif.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kusuma, G., & Priharsari, D. Analisis User Experience Aplikasi SIPON CERIA RSUD Dr Darsono dengan menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 11, p. 5286-5291, jan. 2023. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11845>. Tanggal Akses: 09 peb. 2023
Bagian
Artikel