PERANCANGAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI PENDATAAN TOOLS PERANGKAT LUNAK YANG DIGUNAKAN DALAM PERKULIAHAN DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS BRAWIJAYA DENGAN METODE DESIGN THINKING
Kata Kunci:
Aplikasi, FILKOM, Univesitas Brawijaya, design thinking, User experience, User interface, System Usability Scale, Usability Testing, User Experience QuestionnaireAbstrak
Aplikasi pada perkuliahan merupakan aspek besar yang dijalani pada saat menempuh Pendidikan. Saat ini masih banyak perkuliahan yang tidak memberi detail secara jelas terhadap aplikasi apa yang digunakannya dan tempat mengunduhnya pada mata kuliah tersebut, terkhusus di FILKOM Universitas Brawijaya. Sekiranya 90% mahasiswa masih mendapatkan informasi terkait aplikasi yang digunakan melalui teman dan dosen secara manual juga seiring berjalannya waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut Penulis merencanakan untuk membuat Perancangan aplikasi berbasis mobile yang akan melakukan sistem pendataan software internal mata kuliah FILKOM menggunakan metode Design thinking. Metode Design Thinking ini dilakukan agar penelitian focus kepada pengalaman pengguna sehingga cocok untuk memahami kebutuhan mahasiswa FILKOM. Untuk validasi, pengujian usability pada 20 responden mendapatkan nilai aspek efektivitas sebesar 91.75%, lalu untuk hasil aspek efisiensi sebesar 0,076 goals/detik, dan hasil dari aspek kepuasan sebesar 81.875 yang masuk kedalam grade b, peringkat excellent, dan kategori acceptable. Untuk pengujian kuesioner UEQ dengan hasil attractiveness sebesar 1,70 dengan kategori good, hasil dari aspek perspicuity sebesar 1,41 dengan kategori above average, hasil dari aspek Efficiency sebesar 1,80 dengan kategori good, hasil dari aspek dependability sebesar 1,69 dengan kategori good, hasil dari aspek stimulation sebesar 1,55 dengan kategori good, dan hasil dari aspek novelty sebesar 0,95 dengan kategori above average. Peneliti juga mengumpulkan kritik dan saran untuk memperbaiki hasil desain solusi menjadi lebih baik.