Analisis Posisi Iklan Banner pada Situs Web Berita Online Terhadap Klik dan Ad Recognition
Kata Kunci:
Berita online, Iklan banner, Posisi iklan, Klik, Ad recognitionAbstrak
Iklan online, khususnya iklan banner, merupakan sumber aliran dana utama pada banyak situs web yang menyediakan pelayanan gratis terhadap penggunanya, salah satunya adalah situs web berita online. Akan tetapi, iklan banner memiliki kecenderungan untuk diabaikan atau dihindari oleh pengguna internet, sehingga mengakibatkan tujuan dari pemilik iklan tidak tercapai dan pengelola situs web berita online pun tidak mendapatkan aliran dana yang maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi iklan yang efektif, dilihat dari perilaku pengguna dalam mengeklik iklan dan tingkat kesadaran adanya iklan (ad recognition) terhadap delapan posisi iklan banner yang terdapat pada situs web berita online secara umum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik user testing dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini berupa gambaran pola perilaku pengguna terhadap perolehan klik dan tingkat ad recognition, sehingga dapat menghasilkan rekomendasi posisi pemasangan iklan banner pada situs web berita online. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa posisi iklan yang paling cepat menarik perhatian pengunjung dan yang mendapatkan jumlah klik paling banyak adalah floating di ujung kanan, yang paling cenderung diabaikan adalah di bawah kiri, yang memiliki tingkat ad recognition paling tinggi adalah di bawah kanan, dan yang paling diingat pengunjung dalam melakukan klik adalah floating di ujung kiri.