Pengembangan Sistem Point of Sales untuk Toko Emas berbasis Web (Studi Kasus: Toko Mas Leo)
Kata Kunci:
toko emas, point of sales, web, prototyping, basis path testing, black-box, system usability scaleAbstrak
Toko Mas Leo merupakan salah satu toko penjual perhiasan di Boyolali, Jawa Tengah yang telah berdiri selama 25 tahun. Pemilik Toko Mas Leo menjelaskan bahwa sangat banyak risiko yang menghantui jual beli perhiasan, di antaranya adalah pencurian oleh karyawan, kesalahan pencatatan, kehilangan perhiasan, penipuan dengan perhiasan dan nota palsu, dan lain sebagainya. Sebagian dari risiko tersebut disebabkan oleh media pencatatan Toko Mas Leo yang masih manual, mulai dari pembukuan uang, kontrol stok perhiasan hingga nota transaksi. Oleh karena itu, dalam penelitian skripsi ini, dibangun sebuah sistem point of sales khusus toko perhiasan emas berbasis web yang dapat menghitung dan mencatat transaksi jual beli perhiasan, yang terintegrasi dengan manajemen pencatatan stok perhiasan dan pembukuan uang. Sistem ini juga memiliki integrasi dengan printer untuk mencetak nota transaksi berkode QR, juga kamera untuk membaca kode QR dari nota tersebut. Sistem ini dikembangkan menggunakan pendekatan prototyping dan dibangun pada platform Node.JS menggunakan kerangka kerja AdonisJS dengan bahasa pemrograman TypeScript. Sistem telah berkinerja dengan baik dan sesuai dengan tuntutan yang telah diuraikan, sesuai dengan hasil temuan pengujian unit dengan menggunakan pendekatan basis path testing dan pengujian validasi dengan menggunakan pendekatan black-box. Hasil pengujian usabilitas menggunakan pendekatan system usability scale (SUS) menghasilkan skor 73.21 yang termasuk dalam kategori ‘baik' dan ‘acceptable', sehingga dapat disimpulkan sistem ini dapat diterima dengan baik oleh calon penggunanya.