Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepercayaan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Al-Quran Mobile XYZ Menggunakan Model Modified UTAUT

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepercayaan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Al-Quran Mobile XYZ Menggunakan Model Modified UTAUT

Penulis

  • Muhammad Nurul Fanani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ari Kusyanti Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Al-Quran Mobile, Al-Quran Mobile XYZ, UTAUT, Path Analysis, Trust, Risk, Behavioral Intention

Abstrak

Al-Quran Mobile XYZ adalah aplikasi al-quran mobile berbasis android dan ios. Al-Quran Mobile XYZ terhitung diunduh sebanyak 10 juta kali melalui play store. Hal tersebut menunjukkan betapa besar minat masyarakat untuk menggunakan aplikasi Al-Quran Mobile. Dengan hadirnya aplikasi Al-Quran Mobile XYZ pengguna tidak perlu membawa mushaf Al-Quran kemana-mana, hanya dengan smartphone pengguna dapat dengan mudah membawa dan membaca kapanpun. Namun akan menjadi masalah jika pengguna tidak memperhatikan ayat-ayat Al-Quran yang ternyata terjadi kesalahan. Telah ada beberapa kasus yang pernah terjadi berkaitan dengan kesalahan penulisan ayat al-quran pada salah satu aplikasi yang tersedia, namun masih saja banyak pengguna yang tetap menggunakan aplikasi al-quran mobile. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah Unified Teory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Model UTAUT menunjukan bahwa niat untuk berperilaku (behavioral  intention) dipengaruhi oleh performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions. Selain itu dalam model penelitian ini juga dikombinasikan dengan faktor-faktor lain, seperti trust, dan perceived information quality. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 100 responden mengacu pada slovin formula. Kemudian untuk metode analisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived information quality memiliki pengaruh signifikan terhadap trust, dan facilitating conditions memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat perilaku (behavioral intention).

Unduhan

Diterbitkan

30 Agu 2017

Cara Mengutip

Fanani, M. N., Kusyanti, A., & Rachmadi, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepercayaan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Al-Quran Mobile XYZ Menggunakan Model Modified UTAUT. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1401–1410. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1190

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...