Eksplorasi Pengaruh Teknologi Live Shopping terhadap Minat Beli Pelanggan dengan Systematic Literature Review

Eksplorasi Pengaruh Teknologi Live Shopping terhadap Minat Beli Pelanggan dengan Systematic Literature Review

Penulis

  • M. Radhitya Rivan Pamungkas Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Diah Priharsari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Welly Purnomo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

online shopping, live shopping, purchase intentions, systematic literature review

Abstrak

Live shopping merupakan sebuah trend yang sedang banyak dibicarakan dan disoroti banyak pihak. Live shopping merupakan gabungan dari e-commerce dan media sosial atau jejaring sosial. Pada live shopping, konsumen dapat membeli produk yang dijual langsung dengan sedikit sentuhan pada layar ponsel. Beberapa layanan dari live shopping dapat meningkatkan pengalaman berbelanja, mengurangi ketidakpastian, meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap produk yang dijual, sehingga memunculkan minat beli. Fenomena ini sudah banyak diteliti oleh para peneliti lain, tapi belum ada penelitian yang secara khusus meneliti faktor-faktor teknologi apa yang mempengaruhi minat beli pelanggan pada live shopping. Maka dari itu, dilakukanlah Systematic Literature Review untuk mengulas jurnal-jurnal yang sudah meneliti mengenai live shopping untuk mengetahui faktor-faktor teknologi yang mempengaruhi minat beli pelanggan pada live shopping. Proses yang perlu dilakukan adalah pencarian jurnal dengan menentukan kriteria, seperti kata kunci, tahun, bidang pembahasan, dan tipe artikel. Selanjutnya akan dilakukan beberapa kali seleksi dengan menghitung Cohen's Kappa sebagai ukuran realibilitas dari jurnal yang ditemukan. Sumber pencarian jurnal berasal dari situs ScienceDirect dan dari tahun 2011 sampai 2022. Dari hasil seleksi jurnal, ditemukan total 13 jurnal dengan 36 faktor teknologi yang mempengaruhi minat beli pelanggan serta 18 teori yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor teknologi tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

03 Feb 2023

Cara Mengutip

Pamungkas, M. R. R., Priharsari, D., & Purnomo, W. (2023). Eksplorasi Pengaruh Teknologi Live Shopping terhadap Minat Beli Pelanggan dengan Systematic Literature Review. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(11), 5525–5531. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11923

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...