Analisis Kesediaan Berbagi Identitas Digital berdasarkan PMT: Perceived Severity, Perceived Vulnerability, Response Efficacy, dan Usia
Kata Kunci:
media sosial, kesediaan berbagi identitas digital, protection motivation theory (PMT), perceived severity, perceived vulnerability, response efficacy, usiaAbstrak
Banyaknya fitur yang disediakan oleh media sosial dapat membuat pengguna memiliki kemudahan dalam membagikan informasi pribadinya. Kurangnya rasa kekhawatiran dan pemahaman mengenai privasi pada masyarakat dapat berakibat negatif. Hal ini diakibatkan oleh perilaku yang berbeda-beda tiap individunya, sehingga setiap individu akan memiliki niat dan minat yang berbeda dalam kesediaan berbagi privasi khususnya identitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesediaan berbagi identitas digital di media sosial berdasarkan Protection Motivation Theory khususnya faktor Perceived Severity (PS), Perceived Vulnerability (PV), dan Response Efficacy (RE) yang mempengaruhi Kekhawatiran akan informasi privasi (KIP). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku pengguna dalam membagikan identitasnya di media sosial berdasarkan Usia (AG). Dari hasil penelitian yang dilakukan, Tidak ditemukan perbedaan perilaku berdasarkan rentang usia pengguna terhadap kesediaan berbagi identitas digital (KBI), namun Kekhawatiran akan informasi privasi memiliki pengaruh terhadap Kesediaan berbagi identitas digital. Perceived Severity dan Perceived Vulnerability juga berpengaruh terhadap rasa kekhawatiran Informasi Privasi. Namun Response Efficacy tidak memiliki pengaruh terhadap rasa Kekhawatiran Informasi Privasi.