Pengembangan Sistem Manajemen Pemesanan Barang Interior dan Eksterior Berbasis Web (Studi Kasus CV Omega Art Malang)
Kata Kunci:
sistem manajemen pemesanan, pengembangan web, prototypingAbstrak
CV Omega Art adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang penjualan, pengerjaan dan pemasangan barang interior dan eksterior. Dalam perkembangan perusahaan ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi, perusahaan mulai merasakan kebutuhan untuk mengembangkan akses produk dan informasi perusahaan yang dapat dijangkau dengan mudah dan lebih luas oleh customer. Melalui wawancara dengan Business Owner, didapatkan bahwa perusahaan memerlukan sistem informasi yang dapat digunakan customer memesan produk dan menampilkan informasi produk yang dimiliki perusahaan. Perusahaan merasakan perlu untuk menampilkan website resmi sebagai bentuk profesionalitas perusahaan. Berdasarkan kebutuhan tersebut dikembangkan sistem manajemen pemesanan barang interior dan eksterior yang dapat membantu perusahaan menampilkan website perusahaan, menampilkan produk-produk yang dimiliki perusahaan, mengolah pemesanan produk dan menarik customer untuk melihat dan memesan produk. Model prototyping digunakan untuk menghimpun informasi-informasi tertentu mengenai kebutuhan-kebutuhan informasi dari pengguna dengan cepat. Pengguna dapat memakai prototipe untuk menyaring dan mengevaluasi kebutuhan. Perancangan aplikasi dibuat pendekatan berorientasi objek dengan menggunakan pola perancangan Model-View-Controller (MVC). Implementasi sistem dilakukan dengan menggunakan framework Laravel. Kemudian, sistem yang dikembangkan diuji menggunakan metode Basis Path Testing, pengujian validasi, dan Compatibility Testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen pemesanan barang interior dan eksterior berbasis web dapat mengakomodasi kebutuhan perusahaan. Metode prototyping cukup cocok untuk mencakup seluruh kebutuhan.