Rancang Bangun Sistem Penjualan berbasis Web (Studi Kasus CV. Adeeva Group - Jember)
Kata Kunci:
sistem penjualan, transaksi, konvensional, browser, CV. Adeeva Group, profit-oriented, waterfallAbstrak
Adeeva Group didedikasikan menjadi wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat. Adeeva Group didirikan tidak semata-mata berorientasi pada keuntungan saja (profit oriented). Namun jauh lebih penting dari itu semua, yaitu bisnis menjadi sarana (wasilah) untuk beribadah. Adeeva Group menjual berbagai snack, fashion dan skincare yang diproduksi sendiri. Terdapat berbagai macam permasalahan yang kurang efektif dan efisien dalam proses pendataan barang dikarenakan sistem yang masih konvensional menggunakan buku. Permasalahan juga terdapat pada transaksi penjualan dikarenakan proses yang dilakukan masih manual menggunakan personal chat media sosial, yang membuat transaksi penjualan kurang efisien sehingga banyak konsumen yang ragu untuk membeli produk. Buku pengeluaran dan stok yang dijadikan satu untuk menandai pengeluaran hanya diberi warna dengan stabilo sehingga terkadang pada saat melakukan perhitungan pengeluaran tidak terhitung yang menyebabkan ketidaksesuaian perhitungan. Metode yang dapat digunakan untuk mengurangi masalah ini adalah mengembangkan sistem penjualan yang dapat mengatasi masalah transaksi pembelian dan penjualan online, melacak pengiriman barang, mendata barang yang keluar dan masuk, serta pembukuan stok barang. Sistem penjualan ini diramcamg dan dibangun untuk membantu CV. Adeeva Group dalam menyelesaikan masalah yang terjadi. Sistem yang akan dibuat akan berbasis web, sehingga harus dapat bekerja pada berbagai macam web browser. Pengembangan sistem berikut menggunakan model proses pengembangan waterfall. Pengujian unit, integrasi, dan validasi semuanya telah dilakukan pada sistem di bawah ini. Pengujian validasi, pengujian integrasi, dan pengujian unit semuanya menghasilkan status valid masing-masing pada 6 kasus uji pada pengujian unit, 3 kasus uji pada pengujian integrasi, dan 35 kasus uji pada pengujian validasi.